^ Ke Atas
 
 

BERITA FOTO

2013-04-23 : Kunjungan (Tamu Luar Negeri)

Kunjungan Dubes Jepang ke-1

2013-04-23 : Kunjungan (TNI & POLRI)

Kunjungan Panglima TNI Periode 98-99

2013-04-23 : Kunjungan (Birokrat dan Politisi)

Kunjungan Wakil Ketua MPR RI 09-14

2013-04-23 : Kunjungan (Musisi dan Budayawan)

Kunjungan Jamrud ke-1

Anda berada di: Depan > Santri Darussalam Juara I Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional
Santri Darussalam Juara I Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional
Diposting pada: 2013-11-21 12:46:09 | Hits : 2131 | Kategori: Internal
 

Berawal dari coba-coba mengikuti seleksi dalam sebuah lomba pidato Bahasa Inggris antar kelompok kerja madrasah di Ciamis, Abdullah Abdurachman Hasan (18), siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Darussalam Kabupaten Ciamis, berhasil meraih juara I lomba pidato Bahasa Inggris tingkat nasional yang digelar di Malang pada 5-9 September 2013. Abdullah yang tercatat sebagai siswa tingkat XII di MAN Darussalam itu menceritakan, sebelum menyandang juara I nasional pidato Bahasa Inggris, dia mengikuti lomba pidato Bahasa Inggris yang digelar dalam sebuah pekan olah raga dan seni di lingkup KKM MAN Darussalam. "Waktu itu saya masih duduk di kelas XI di MAN Darussalam. Kebetulan ada porseni antar-KKM. Guru Bahasa Inggris saya menyarankan untuk ikut dalam porseni itu. Waktu itu pesertanya ada 22 orang kategori siswa dan siswi," ungkap Abdullah saat ditemui di sekolahnya di MAN Darussalam, Kabupaten Ciamis, Senin (18/11/2013).

Diakui putra bungsu pasangan M. Gembong Pratondo dan Ratna Herdiana itu, kiprahnya mengikuti lomba pidato Bahasa Inggris hingga tingkat nasional itu, tidak lepas dari peran dan dukungan keluarga, termasuk Dra. Hj. Eulis Fadilah Januar Nafisah, M.Pd.I selaku Kepala MAN Darussalam dan guru Bahasa Inggrisnya, Dra. Rohmat Mutiah. "Waktu saya mengikuti porseni antar KKM itu, alhamdulillah saya terpilih menjadi juara I. Kemudian, setelah itu saya menjadi perwakilan KKM untuk mengikuti lomba serupa tingkat Kabupaten Ciamis," tutur remaja yang akrab disapa Dimas itu.

Di tingkat kabupaten, dia kembali mengungguli peserta lainnya yang saat itu berjumlah 16 peserta dari 8 KKM madrasah aliyah. Pelaksanaan lomba pidato Bahasa Inggris tingkat kabupaten digelar di Pangandaran, sektiar November 2012 lalu. "Alhamdulillah saya juara 1 lagi untuk tingkat Kabupaten Ciamis. Kemudian, saya pun menjadi perwakilan Kabupaten Ciamis untuk mengikuti lomba pidato Bahasa Inggris tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di Cibinong pada akhir Desember 2012," katanya.

Saat perhelatan lomba tingkat provinsi itu, dia pun kembali meraih juara I dan berhasil menyisihkan 65 peserta lainnya dari seluruh kota/kabupaten di Jawa Barat. Abdullah pun tidak menyangka, dia akan mewakili Jawa Barat dalam perhelatan lomba pidato Bahasa Inggris tingkat nasional yang digelar di Malang. Sebab, awalnya dia dan pihak sekolah mendapatkan informasi bahwa lomba pidato Bahasa Inggris hanya digelar hingga tingkat provinsi. Namun beberapa bulan setelah itu, dia pun mendapatkan informasi bahwa dia kembali mewakili Jawa Barat untuk mengikuti lomba pidato Bahasa Inggris tingkat nasional. Dia pun menjadi utusan Jawa Barat dalam lomba tersebut.

Dijelaskan Abdullah, saat dia menjadi utusan Jawa Barat, panitia lomba menyediakan 5 judul yang harus diekplorasi dan dipresentasikan dalam Bahasa Inggris. Dia pun memilih satu judul pidato bertema "Madrasah Saving Generation Which Has Intelegent Healthy and Nobel Character". "Saya memilih judul itu karena menurut saya judul itu menarik. Dalam presentasi, saya menjabarkan bahwa siswa madrasah aliyah itu tidak kalah berkualitas dari sekolah umum lainnya," ucap dia. Saat lomba tingkat nasional itu, dia berhasil menyisihkan peserta dari provinsi lainnya yang memang diakui Abdullah mempunyai kualitas yang bagus juga. Jumlah provinsi yang mengikuti lomba saat itu sebanyak 30 provinsi se-Indonesia. Dalam lomba itu, dia berhasil mengumpulkan nilai 266. Sedangkan juara II yang berasal dari Gorontalo berhasil mengumpulkan nilai 255, dan juara III dari Jawa Timur mengumpulkan nilai 254.

Sumber : Link

 

Posting Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali

MUTIARA HADIST
Sifat Iri Yang Diperbolehkan :
Dari Ibnu Umar R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Tidak Boleh Seseorang Iri Terhadap Orang Lain Kecuali Dalam Dua Hal Yaitu Seseorang Yang Diberi Pengertian Al Qur'an Lalu Ia Mempergunakannya Sebagai Pedoman Amalnya Siang-malam Dan Seseorang Yang Diberi Oleh Allah Kekayaan Harta Lalu Ia Membelanjakannya Siang-malam Untuk Segala Amal Kebaikan."

 

 

Powered by: GaluhCMS | Hosted by: GaluhWeb